Sabtu, 10 November 2012

Nada - nada Minor 1

Menurut Wikipedia Nada minor adalah
 "adalah salah satu tangga nada diatonik. Tangga nada ini tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berurutan dalam tangga nada minor (asli). Tangga nada minor dapat dilihat sebagai mode musik keenam dalam tangga nada mayor."
 Tangga nada ini biasanya mempunyai sifat sedih dan biasanya kurang bersemangat. dan ada juga yang menyebut sebagai nada sumbang. Nada minor tentu saja tidak identik dengan nada sumbang. Fals sebagai kata lain dari nada sumbang, keberadaannya menjadikan sebuah lagu kehilangan harmonisasi.
Tapi dalam berbagai kasus chord musik dalam sebuah lagu yang berbasis major, saat diselipkan nada minor pada chord tertentu, akan menciptakan harmonisasi sound yang sangat indah, Tidak hanya enak didengar, tetapi juga dapat membuat perasaan "haru-biru" bagi yang menikmatinya.
Konon sebuah lagu yang penguatan chordnya menggunakan nada minor, dapat bertahan lama dan me-legenda serta tidak usang oleh waktu..."Love story - by. Andy William, Imagine - by. John Lennon, You make my world so colourful - by Daniel Sahuleka, atau Dinda serta Jogyakartanya Kathon Bagaskara, adalah sebagian kecil lagu yang tercipta dengan kekuatan nada minor.
#Bersambung




Tidak ada komentar:

Posting Komentar